-->

Gas Kendaraan Bermotor Berbahaya Bagi Kesehatan

     Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor selama satu tahun (2012)  di DIY mencapai 131.281 unit dan pertumbuhannya setara dengan  7,5 % pertahun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebih lanjut apabila dihitung dari rata-ratanya, maka pertumbuhan perbulan mencapai hampir 11 ribu unit. Gas buang kendaraan bermotor sebagi sumber polusi udara pada kota-kota besar juga mengalami peningkatan hingga mencapai 60-70%.

     Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran dalam, mesin pembakaran luar, mesin yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin. Emisi kendaraan bermotor turut pula menhasilkan kabut karbon. Kabut karbon terbentuk dari hasil pembakaran yang tak sempurna. Karbon monoksida merupakan bahan pencemar udara terbesar yang dihasilkan dari pembuangan bahan bakar bermotor. Kabut karbon juga berperan dalam memunculkan efek negatif pada tubuh manusia, antara lain kanker.

     Sisa hasil pembakaran berupa air (H2O), gas CO atau disebut juga karbon monooksida yang beracun, CO2 di atmosfer meningkat drastis hingga malampaui kemampuan tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. CO2 atau disebut juga karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca, NOx senyawa nitrogen oksida, Kelompok gas nitrogen yang terdapat di atmosfir yang terdiri dari nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2).  HC berupa senyawa Hidrat arang sebagai akibat ketidak sempurnaan proses pembakaran serta partikel lepas.

SUMBER
*WIKIPEDIA
*AERIINE
*BAPPEDA

0 Response to "Gas Kendaraan Bermotor Berbahaya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post