Manfaat dan Efek Samping Melakukan Diet Keto atau Ketogenic

     Diet keto (KETOGENIC) adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat dan lebih tinggi lemak. Karena pembatasan tersebut, diet ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Diet keto juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Orang yang menjalankan diet ini mereka akan mengganti karbohidrat dengan makanan yang tinggi protein dan lemak. Karena kemampuannya mengurangi berat badan serta kadar gula darah akibat pembatasan konsumsi karbohidrat, diet ini awalnya dimanfaatkan oleh penderita diabetes.

     Manfaat dari diet keto yaitu:
1. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2
Bagi penderita diabetes diabetes tipe 2, diet keto adalah diet yang direkomendasikan selama lemak yang dikonsumsi merupakan lemak sehat. Misalnya lemak yang terdapat dari ikan salmon, kacang-kacangan dan alpukat. Asupan karbohidrat dalam jumlah yang rendah dianggap efektif menurunkan kadar gula darah.
2. Meringankan gejala epilepsi pada anak
Khususnya untuk anak dengan gejala epilepsi yang sulit ditangani dengan pengobatan biasa. Seorang ahli gizi mengungkap bahwa diet keto mampu meringankan gejala epilepsi pada anak. Diet ini sangat efektif Sebuah penelitian yang diuji pada 150 anak dengan epilepsi menunjukkan penurunan hampir 50%.
3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Diet keto yang dijalankan dengan memperbanyak konsumsi lemak sehat kemungkinan mampu mengurangi risiko menderita penyakit jantung. Hal ini diduga karena diet keto menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolesterol dalam tubuh juga ikut menurun. Kondisi tersebut akan mengurangi risiko penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi.
4.Mengurangi risiko terkena gangguan sistem saraf
Selain epilepsi, diet keto juga kemungkinan memiliki manfaat untuk membantu menangani gangguan sistem saraf seperti Alzheimer, gangguan tidur, dan penyakit Parkinson. Hal ini diduga akibat keton yang dihasilkan tubuh menguraikan lemak menjadi energi, sehingga mampu melindungi sel otak dari kerusakan.

    Efek Samping dari diet keto yaitu :
1. Berat badan turun dengan cepat
Pada dasarnya orang yang melakukan diet keto memang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, karbohidrat yang menjadi sumber energi utama sangat sedikit jumlahnya yang ada di dalam tubuh. Hal ini yang membuat lama-kelamaan berat badan turun drstis.
2. Merasa tidak ‘enak’ badan
Orang yang menjalani diet keto biasanya akan mengalami gejala flu. Kondisi ini disebut dengan keto flu dan akan berlangsung selama beberapa hari. Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala, Seperti sakit kepala, kelelahan, pilek, dan mual.
3. Otot menyusut
Diet keto dapar membakar lemak sebagai energi. Namun hal ini juga bisa menyebabkan Anda kehilangan jaringan lemak dan penyusutan otot. Dikutip dari Women’s Health, Victoria Linday, seorang pakar diet di Washington mengungkapkan bahwa karbohidrat berperan penting dalam membentuk otot.
4. Kadar gula darah turun
Selain itu, adaptasi pada tubuh dengan diet keto yang dilakukan bisa menimbulkan gejala hipoglikemia, yaitu gangguan kesehatan ketika kadar gula dalam darah di bawah batas normal. Hipoglikemia dapat menyebabkan seseorang jadi sulit konsentrasi, cepat lelah, detak jantung tidak normal, gangguan tidur, hingga mengalami sindrom kecemasan.
5. Kram pada kaki
Ini sering dihubungkan dengan dehidrasi dan kekurangan mineral dalam tubuh, salah satunya natrium. Saat menjalani diet keto, kadar insulin menjadi sangat rendah sehingga tidak bisa merangsang ginjal untuk mempertahankan natrium. Walaupun ini gangguan sederhana, Tapi rasa kram bisa sangat mengganggu anda.
6. Gangguan pencernaan
Diet keto mampu menimbulkan gangguan pada pencernaan kita, seperti perut kembung, sering buang gas, atau sembelit. Ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cukup serat dari buah, biji-bijian, dan sayur tertentu. Pada beberapa kasus, ada juga yang mengalami diare.
7. Bau mulut
Kenapa ini terjadi tubuh yang mengolah keton (zat yang dihasilkan dari metabolisme lemak) meningkatkan aseton dalam darah, keringat, urin, dan juga melalui napas Anda. Utamanya ini akan menyebabkan bau pada mulut.

*TRIBUNNEWS 
*ALODOKTER
*HELLOSEHAT
*KOMPAS

0 Response to "Manfaat dan Efek Samping Melakukan Diet Keto atau Ketogenic"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post