-->

Nama Ilmiah dan Manfaat Buah Bisbul

     Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam.

     Nama ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC, namun sering di sebut dengan nama yang tidak sah:D. Discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahaya melayu, merujuk pada daging buahnya ketika masak), sembolo (bahasa jawa), kamagong, tabang atau mabolo (tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang berbulu halus), marit (bahasa thai, dan velvet apple (inggris).

Asal-usul kerabat bisbul:
     Tanaman ini termasuk keluarga eboni (Suku Ebenaceae) yang banyak dari anggotanya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tidak jarang, kelompok ini di kenal sebagai kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Pilipina. Di sana ia di temukan hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder dan juga di budidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di perbagai negeri tropis, termasuk indonesia.

Diskripsi Pohon dan Buah: 
     Pohon bisbul tidak terlalu tinggi, umumnya sekitar 15 meter saja. Batangnya lurus dengan pepagan berwarna hitam dan diameter bagian pangkal sekitar 50 cm. Tajuk pohon mirip kerucut dengan cabang mendatar dan bertingkat dan daun yang lebat dan rapat.

Pemanfaatan Buah Bisbul :
     Buah bisbul dapat di makan langsung dalam keadaan segar atau di gunakan sebagai campuran dalam rujak dan minuman. Dalam setiap 100 gram buah bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 46 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, roblavin, dan energi.

0 Response to "Nama Ilmiah dan Manfaat Buah Bisbul"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post