-->

10 Manfaat dan Ciri-ciri Ikan Kembung

     Ikan yang memiliki harga ekonomis ini biasa di gunakan para pemancing untuk umpan ikan cakalang. Selain itu ikan kembung di jual dalam bentuk pindang atau ikan asin agar lebih awet.

     Sebutan lain dari ikan yang bertubuh kecil ini adalah lema atau tatare (Ambon) dan banyar atau banyara (Makassar). Ikan ini masih satu keluarga dengan ika cakalang, tongkol dan tuna.

Ciri-ciri tubuh dari ikan kembung banyar adalah :
     Badan agak langsing panjang kepala lebih tinggi dari tinggi kepala. Seluruh tubuh tertutup sisik halus dan terdapat corselet di belakang sirip dada. Terdapat selaput lemak pada kelopak mata. Usus 1,3-3,7 kali panjang badan. Tapisan insang panjang jelas tampak bila mulut di bua dengan jumlah sebanyak 30-46 buah, sisik garis rusuk brjumlah 120-150 buah, sirip punggung kedua berjari-jari keras berjumlah 10 buah, sirip punggung kedua berjari-jari lemah 11-12 buah. Di belakang sirip punggung dan dubur terdapat 5 – 6 buah finlet.

     Ikan kembung banyar memiliki warna biru kehijauan di bagian atas dan bagian bawah berwarna putih kekuningan. Dua baris botol-botol hitam pada punggung, satu totol hitam dekat sirip dada. Ban warna gelap memanjang di atas garis rusuk, sirip punggung abu-abu kekuningan. Siri ekor dan dada kekuningan. Sirip-sirip lain bening kekuningan. Ikan ini memiliki panjang maksimum 35 cm dengan panjang rata-rata 20-25 cm

10 Manfaatnya :
1.Membantu menurunkan berat badan
2.Mendukung kekebalan tubuh
3.Kadar omega 3
4.Mencegah terjadinya Hipertensi
5.Kurangi risiko diabetes
6.Mencegah penyakit jantung
7.Asam lemak esencial
8.Antidepresan
9.Mencegah rematik
10.Mengontrol kadar tirigliserida tetap stabil

0 Response to "10 Manfaat dan Ciri-ciri Ikan Kembung"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post