-->

11 Manfaat Sayuran Lobak Merah

     Lobak merah adalah jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga Brassicaceae, yakni mencakup jenis kubis dan umbi. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran khas Asia sehingga sangat mudah di temukan, termasuk Indonesia.

     Tanaman lobak memiliki akar tunggang dengan akar samping yang tumbuh pada akar tunggang. Akar tunggang ini nantinya berubah fungsi dan bentuk menjadi umbi yang besar. Bunganya mirip bunga petsai tetapi berwarna kekuningan. Untuk batangnya, ukurannya pendek dan daunnya lonjong berbulu.

Manfaat lobak merah :
1.Mencegah penuaan dini
     Seperti Wanita yang rutin mengonsumsi lobak merah untuk menghindari penuaan dini dan menjaga kencangnya kulit. Hal tersebut karena lobak merah kaya akan betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas

2.Menstabilkan tekanan darah
     Manfaat lobak merah dapat membantu orang-orang penderita hipertensi dalam menormalkan tekanan darahnya. Hal tersebut di karenakan kandungan kalium yang di miliki lobak merah cukup baik. Oleh karenanya, sampai saat ini lobak merah biasa di gunakan sebagai penjaga kestabilan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

3.Menurunkan berat badan
     Bagi anda yang sedang dalam progam diet, anda bisa mengonsumsisayuran ini tanpa takut berat badan naik. Karena lobak merah memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B6 serta serat yang bisa membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Manfaat lobak merah juga ampuh sebagai pelancar pencernaan Anda.

4.Mengurangi resiko kanker
     Seperti vitamin A dan kata-karoten. Sampai saat ini manfaat lobak merah di sebut-sebut sebagai bahan alami antikanker. Kandungan-kandungan lain yang di miliki lobak merah bisa merangsang pertumbuhan sel sehat di dalam tubuh.

5.Mengatasi jerawat
     Lobak merah memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan vitamin C. Nah, kandungan tersebut efektif mengobati kulit seperti jerawat. Caranya, anda bisa melembutkan lobak merah kemudian di oleskan pada area kulit yang bermasalah

6.Mengatasi peradangan
     Lobak merah merupakan tanaman akar yang memiliki ciri khas rasa manis dan pedas. Selain dagingnya yang bermanfaat, akar lobak biasa di gunakan masyarakat sebagai bahan obat-obatan untuk menangani peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada perut dan usus, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan.

7.Menyehatkan kulit kepala
     Hal ini karena kandungan airnya yang tinggi. Dengan kandungannya itu, lobak merah di percaya bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Tidak hanya di permukaan akan tetapi di seluruh bagian rambut. Mampu menghilangkan ketombe, anda juga mendapatkan manfaat lobak merah dengan menggosok jus lobak pada rambut da kulit kepala. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

8.Menjaga kesehatan jantung
     Kandungan nitrat, serat, dan antioksidan pada lobak merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mencegah pembentukan plak di pembuluh darah jantung.

9.Mencegah perkembangan sel kanker
     Karena kandungan antosianin dan isothiocyanate mampu mencegah munculnya kanker. Sebuah penelitian  mengungkapkan zat isothioocyanate pada lobak merah mampu mematikan sel kanker seperti, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker prostat.

10.Aman di konsumsi oleh penderita diabetes
     Lobak tergolong dalam sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga sayuran ini aman di konsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu lobak, lobak juga mengandung zat antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang di sebabkan ole diabetes.

11.Mengatasi jamur
     Jamur Candida abicans, jamur penyebab munculnya infeksi jamur vagina, kandidiasis kulit dan sariawan.

0 Response to "11 Manfaat Sayuran Lobak Merah"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post