15 Manfaat Lada Untuk Kesehatan

     Lada, di sebut Merica/sahang, yang mempunyai nama Latin Pipwe Albi Linn adalah sebuah tanaman yang kaya aka kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai di temukan dan di kenal sejak puluhan abad yang lalu.

     Lada adalah salah satu bumbu dapur dalam masakan dan masuk be dalam biji-bijian. Lada yang sering di gunakan untuk memasak adalah lada yang berwarna putih. Tekstur dari lada ini yaitu kasar dan keras sehingga jika ingin di haluskan butuh bantuan food processor ataupun dengan cara tradisional seperti di ulek hingga halus.

     Lada atau yang sering kita sebut sebagai merica merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang merupakan komoditas perdagangan Dunia. Ini berasal dari Lada hitam berasal dari tanaman sejenis pohon anggur kayu yang dapat tumbuh pada ketinggian 33 kaki di iklim tropis yang panas dan lembab. Tanaman ini akan mulai menampakkan bunga berkerumun putih kecil setelah usianya mencapai 3 sampai 4 tahun.

Manfaat Lada bagi kesehatan :
1.Menurunkan resiko kanker
     Mskipun memiliki bentuk yang kecil, namun ternyata lada dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk mengobati penyakit kanker. Sebuah study yang di lakukan oleh University of Michigan cancer menyatakan bahwa senyawa kimi adalah lada yaitu yang di kenal sebagai pipering dapat membantu mencegah resiko erkembangnya kenker atau tumor payudara. Hal ini sangat efektif jika pemakaianya dikombinasikan dengan kunyit, baik untuk dalam bentuk makanan maupun obat-obatan herbal.

2.Membantu mempertahankan warna pada pakaian
     Saat mengetahui warna pakaian Anda mulai memudar, terutama itu merupakan pakaian favorit, tentu anda akan merasa kesal. Lada ternyata bisa membantu mengatasi hal tersebut. Menurut seseorang penulis buku The Naturally Clean Home yang bernama Karyn Siegel-Maier, lada merupakan rempah-rempah yang dapat membantu mempertahankan warna-warna agar tetap cerah dan tidak memudar. Caranya adalah ukup menaburkan lebih 1 / kurang dari 1 sendok teh lda pada tahap awal mencuci dengan menggunakan mesin cuci bersamaan dengan detergen. Serbuk lada tersebut nantinya akan terbuang bersama air cucian, sehingga tak memerlukan pembersihan tambahan.

3.Untuk menjaga kesehatan kulit
     Lada dapat membantu dalam proses penyembuhan gangguan Vitiligo, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi normal.

4.Scrub untuk kulit
     Untuk mendapat kulit halus dan cerah, anda tak perlu susah dan mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan perawatan di salon. Anda cukup memanfaatkan lada sebagai bahan scrub pada kulit wajah anda.

5.Membantu sistem pernafasan
     Dalam beberapa pengobatan tradisional, lada dapat di gunakan sebagai tambahan tonik yang di tujukan untuk pengobatan pilek dan batuk. Lada memberikan bantuan pada gangguan sinusitis dan hidung tersumbat.

6.Meningkatkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus
     Lada dapat membantu merangsang selera makan semikian rupa sehingga dapat meningkatkan sekreasi asam klorida di perut.

7.Menurunkan berat badan
     Makan makanan pedas merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan secara alami. Tapi juga jangan terlalu sering makan makanan yang pedas karena bahaya untuk kesehatan ( yang sedang-sedang saja)

8.Sebagai agen anti bakteri
     Sifat antibakteri yang terdapat dalam lada dapat membantu untuk melawan infeksi dan gigitan serangga. Saat menambahkan bubuk lada pada makanan. Hal itu akan memberikan efek arteri agar tetap bersih, yaitu dengan cara menghilangkan kelebihan kolesterol dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi aterosklerosis, yaitu kondisi yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

9.mencegah kerusakan gigi
     Lada juga telah di gunakan dalam terapi kedokteran gigi, yaitu sebagai antiseptik untuk mengobati gigi busuk dan gigi bengkak.

10.Mencegah penuaan dini
     Agen antioksidan yang terdapat pada lada dapat menetralisir senyawa berbahaya dalam tubuh serta melindungi sistem kekebalan tubuh dari berbagai kondisi, bahkan
terjadinya menuaan dini yang di tandai dengan keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, dan kehilangan memori.

11.Penurunan kognitif dan neurologis kesehatan
     Senyawa piperine dalam lada merupakan salah satu komponen untuk mengurangi gangguan memori dan kerusakan kognitif. Yaitu dengan cara merangsang jalur kimia di otak.

12. Menurunkan resiko peptic ulcer
     Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antioksidan dan anti inflamasi yang terdapat pada lada juga memiliki efek yang menguntungkan bagi penderita peptic ulcer

13. Menurunkan depresi
     Kandungan minyak esensial dalam lada juga di percaya mampu menurunkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih.

14. Meredakan rematik
     Rematik dapat di sebabkan karena akumulasi zat beracun, kelebihan cadangan air, garam dan asam urat yng memyebabkan terjadinya peradangan, kemerahan, nyeri dan rasa sakit

15. Menurunkan demam
     Kandungan minyak atsiri dalam lada merupakan agen antiseptik dan diuretik yang dapat di gunakan sebagai obat penurun panas serta mengurangi demam dan menjaga suhu tubuh selalu normal.

0 Response to "15 Manfaat Lada Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post