5 Manfaat Sayur Kecipir Untuk Kesehatan

     Kecipir adalah tumbuhan merambat anggota suku Fabaceae. Pucuk dan polong mudanya di manfaatkan sebagai sayuran. Di Sumatra di kenal sebagai kacang botol atau kacang belingbing, dan kacang embing. Nama-nama lainnya adalah jaat, cipir, cicipir, kecipir, kelongkang, serta biraro. Kacang botor, kacang botol dan kacang kumbotor.

Asal usul kecipir :
     Para ahli berbeda pendapat mengenai asal-usul kecipir, terutama karena tidak di dapati jenis liarnya, semua merupakan jenis yang telah di budidayakan. Keanekaragaman kecipir yanag tertinggi di dapati di Papua, wilayah pembuktian di timur Laut India, serta wilayah Burma yang bertetangga, sehingga di duga wilayah-wilayah itu merupakan pusat-pusat domestikasinya. Namun, menurut Setijati Sastrapradja, asal kecipir adalah berasal dari Indonesia dan Papua Nugini.

     Kecipir banyak di dapati di Asia Tenggara dan menyukai tanah yang baik serta sinar matahari yang cukup. Tumbuh baik hingga pada ketinggian 1000 mdpl. Di tanam sebagai tanaman sampingan pada musim hujan. Pada tahun 80-an di Indonesia, kecipir di pakai sebagai tanaman sela di antara tanaman pekarangan. Petani-petani ini sadar akan nilai tinggi kecipir, tapi karena pemasarannya tidak seramai kubis dan kangkung, akhirnya tumbuhan ini tidak terlalu di usahakan secara komersil.

     Sebagian pakar menduga bahwa kecipir di turunkan dari jenis-jenis Psophocarpus yang lain dari Afrika (misalnya P, grandiflorus atau P,scandens), sementara pakar yang lain beranggapan bahwa kecipir berasal dari jenis liar di Asia yang kini telah punah.

     Pada tahun 60-an, kecipir di promosikan secara internasional sebagai tanaman serbaguna. Kini jenis polong ini di tanam di berbagai wilayah tropis dan ugahari di dunia. Pada tahun 1980, penelitian kecipir sudah mulai berkembang terutama pada negara berkembang di Indonesia sendiri,

Mafaat kecipir :
1.Buah dan pucuk daun kecipir muda dapat di rebus dan di sajikan sebagai sayuran yang kaya akan vitamin C
2.Biji kecipir tua dapat disangrai terlebih dahulu untuk kemudian di olah sebagai cemilan sehat
3.Biji kecipir dapat di olah menjadi minyak, susu, tepung, dan tempe yang tinggi protein
4.Sari daunnya bisa menyembuhkan mata bengkak
5.Dapat mengobati sakit telinga dengan merebus daunnya lalu setelah airnya sudah dingin, dapat di teteskan sedikit pada telinga
6.Tumbuk daun tanaman kecipir dan campur dengan adas pulasari hingga halus untuk mengatasi bisul
7.Mengkonsumsidaun kecipir dapat menambah kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita
8.Mampu mendukung penyerapan vitamin A
9.Dapat di konsumsi untuk menambah darah dalam tubuh karena mengandung zat besi
10.Memperlancar peredaran oksigen dalam darah
11.Buah kecipir dapat menjaga kelembapan kulit dan menambah rona wajah
12.Memperkuat daya ingat, sehingga baik di konsumsi anak-anak dalam usia sekolah juga
13.Meredakan kram perut saat datang bulan
14.Baik di konsumsi setiap hari untuk mencegah dehidrasi pada tubuh
15.Mencegah kanker jika di konsumsi teratur

0 Response to "5 Manfaat Sayur Kecipir Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post