-->

7 Kandungan dan Pengertian Ikan Sardinella

     Ikan sarden (sardinella lemuru) merupakan jenis ikan pelagis kecil pemakan plankton. Hidupnya bergerombol, badanyya bulat memanjang, bagian perut agak membulat dengan sisik duri yang agak tumpul dan tidak menonjol. Panjang badannya dapat mencapai 23 cm, namun umumnya 17-18 cm.

     Ikan sardinella merupakan kelompok ikan-ikan pelagis kecil, dari famili Clupeodae yang lebih umum si kenal sebagai ikan herring, famili Clupeidae terdiri atas 160 spesies dan 50 genus. Kebanyakan hidup di laut tropis, tetapi ada yang hidup di air tawar dan ada pula yang bersifat anadromus, artinya menuju sumber air tawar untuk memijah, sedangkan sejak juvenile meuju ke laut. Beberapa spesis dari famili ini dapat cepat tumbuh dari umurnya kurang lebih 3 tahun.

     Ikan yang berukuran relatif kecil ini merupakan ikan berminyak dan juga familiar di masyarakat. Ketika mendengar “sarden”, pikiran anda mungkin akan menuju pada ikan sarden kaleng, memang ikan sarden ini terkenal dengan kalengnya.

     Nama ikan ini berasal dari pulau Sardinia, Mediterania, yang dimanan di sana terdapat banyak ikan sarden. Hingga saat ini ikan sarden di tetapkan oleh WHO dan FAO terdapat 21 speies.

7 Kandungan ikan sardinella :
1.Kandungan lemak tak jenuh yang tinggi
2.Omega 3
3.Vitamin A, B 12 dan D
4.Minyak ikan sarden
5.Mineral dan protein tinggi
6.Rendah kalori
7.Zat antioksidan

0 Response to "7 Kandungan dan Pengertian Ikan Sardinella"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post