-->

Kandungan dan Manfaat Buah Blackcurrant

     Blackcurrant (ribes nigrum) merupakan tanaman semak yang memiliki buah bulat berwarna keunguan, berasal dari Eropa dan menyebar ke Asia Utara. Buah ini mmpunyai bentuk mirip dengan buah anggur, namun berukuran lebih kecil.

     Blackcurrant memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, yaitu sekitar 302% nilai asupan harian per 100 gram. Selain vitamin C, blackcurrant juga banyak mengandung vitamin lain seperti vitamin B1, B2, B3, B5 dan vitamin B6, serta mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng dan potasium.

Manfaat Kesehatan Minyak Blackcurrint:

Minyak yang diekstrak dari biji blackcurrant serat dengan banyak nutrisi penting yang di perlukan tubuh. Beberapa manfaat minyak blackcurrant antara lain:
1.Minyak blackcurrant mengandung anthocyanin (komponen yang memberi warna pada buah), yang merupakan sejenis antioksidan. Antioksidan di kenal ampuh mngurangi efek radikal bebas pada tubuh
2.Minyak buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati nyeri dan bengkak yang di sebabkan karena rheumatoid arthritis. Gamma Linolenic Acid (GLA) juga fktif mengobati gastritis yang merupakan peradangan pada lapisan dalam perut.
3.Menggunakan minyak ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak blackcurrant juga membantu produksi prostaglandin, hormon yang membantu menjaga tekanan darah dan berfungsi mengurangi resiko peradangan organ.
4.Minyak tanaman ini mampu mengurangi tanda-tanda penuaan karena memiliki sifat anti penuaan tertentu.
5.Minyak blackcurrant mampu mengurangi penyempitan pembuluh darah serta menjaga level kolesterol tetap sehat sehingga mengurangi kemungkinan penyakit jantung
6.Manfaat ini mempengaruhi kerja tromboksan, sehingga mencegah pembentukkan bekuan darah
7.Minyak biji blackcurrant memiliki sifat anti virus sehingga efektif mencegah infeksi virus seperti influenza
8.Studi ilmiah menunjukkan bahwa minya blackcurrint membantu mencegah timbulnya kanker dengan mengontrol pertumbuhan sel yang tidak perlu
9.Terdapat banyak manfaat blackcurrant pada kesehatan wanita karena kmampuannya meredakan gejala PMS, mengurangi kram mentruasi, serta sakit punggung dan nyeri yang di sebabkan karena nyeri payudara

     Blackcurrant buah yang berasal dari Eropa Tengah ini belum banyak di temui di indonesia. Padahal, kandungan vitamin C-nya sangat tinggi, hingga empat kali lipat dari vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. 

     Segelas jus blackcurrant bisa membuat kita lebih bahagia, lebih gesit dan cerdas, bahkan membantu meringankan gangguan otak. Jus blackcurrant bisa menjaga kesehatan otak dari penyakit seperti Parkinson.

0 Response to "Kandungan dan Manfaat Buah Blackcurrant"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post