-->

Manfaat Buah Terap atau Tarap

     Terap berbentuk pohon ang selalu hijau, tingginya mencapai 25 m, dan diameternya 40 cm, kadang-kadang memiliki akar papan kecil. Ranting tabalnya 4-10 mm, memiliki bulu-bulu panjang yang tersebar, berwarna kuning sampai merah, dan cincin beks penumpu. Penumpu berbentuk bundar telur, panjangnya 1-8 cm, berbulu kuning sampai merah. Daunnya jorong melebar sampai bundar telur sungsang, berukuran 16-50 cm x 11-28 cm, pangkalnya membanji sampai agak melanjut (deccurent), pinggirannya rata atau bergerigi dangkal, ujungnya tumpul atau sedikit meluncip, setengah lembaran dan bagian atas seringkali bercuping 3, kedua belah lembaran daun itu berbulu kasar, vena lateralnya 13-15 pasang, tangkai daunnya 2-3 cm panjangnya.

Manfaat buah terap :
     Buah terap ang berukuran besar itu disenangi, karena daging buahnya yang berbungkus biji rasanya manis, banyak mengandung sari buah dan harum baunya, yang dapat di makan dalam keadaan segar atau sebagai campuran dalam kue, buahnya konon memiliki rasa yang lebih enak daripada nangka. Bijinya dapat di makan setelah di bakar atau di rebus, biji yang di rebus (selama 30 menit dalam air garam) memiliki rasa yang lebih enak. Buah muda juga dapat di masak bersantan dan di makan sebagai sayur.

Hama dan Penyakit :
     Menurut pengamatan tidak ada hama dan penyakit yang membahayakan, kecuali binatang biasa dari lalat buah orientl (Dacus umbrosus) yang menyerang buah. Penyemprotan secara modern dapat sangat menurunkan kerusakan oleh lalat buah pada tanaman-tanaman lain, jadi mungkin juga efektif untuk terap ini.

0 Response to "Manfaat Buah Terap atau Tarap"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post