-->

Manfaat Daun Tangkai dan Pohon Siwalan

     Siwalan adalah sejenis pelma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di banyak daerah. Pohon ini juga di kenal dengan nama-nama yang mirip seperti lonta, ental, taal, dun tal, jun tal, tala, lontara, lontoir, juga manggita, manggitu dan tua. B. Flabellifer menjadi flora identitas Provinsi sulawesi Selatan.

Pemanfaatan Pohon Siwalan :
     Daun lontar (Borassus flabellifer0 di gunakan sebagai media penulisan naskah lontar dan bahan kerajinan seperti kipas, tikar, topi, aneka keranjang, tenunan untuk pakaian dan sasando, alat musik tradisional di Timor.

     Tangkai dan pelepah pohon siwalan (lontar atau tal) dapat menghasilkan sejenis serat yang baik. Pada masa silam, serat dari pelepah lontar cukup banyak di gunakan di Sulawesi Selatan untuk menganyam tali atau membuat songkok, semacam tutup kepala setempat.

     Kayu dari batang lontar bagian luar bermutu baik, berat, keras dan berwarna kehitama. Kayu ini kerap di gunakan orang sebagai bahan bangunan atau untuk membuat perkakas dan barang kerajinan.

     Dari karangan bungahnya, (terutama tongkol bunga betina) dapat di sadap untuk menghasilkan nira lontar (legen). Nira ini dapat di minum langsung sebagai legen  (nira) juga dapat di masak menjadi gula atau difermentasi menjadi tuak, semacam minuman berakohol.

0 Response to "Manfaat Daun Tangkai dan Pohon Siwalan"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post