Sejara dan Manfaat Buah Gedondong

     Gedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Kedondong ini merupakan tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan termasuk ke dalam angiospermae. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Gedondong ini adalah buah yang berasal dari pohon dengan tinggi kurang lebih 20 m.

     Buah gedondong berbuah buni (bacca) di mana buah ini mempunyai dinding lapisan luar yang tipis atau kaku seperti kulit dan lapisan dalam yang tebal, lunak, dan berair serta sering kali di mkan , berbentuk lonjong, buah sejati tungga yang berdaging, mempunyai diameter kurang lebih 5 cm dan berserat, warna buah hijau kekuningan dengan rata-rata beratnya kurang lebih 0,7-1 kg perbuah, biasanya buahnya tumbuh dalam jumlah yang banyak.

Asal Muasal Kedondong
     Kedondong (Spondias dulcis Forst) sendiri merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini menyebar ke berbagai negara yang beriklim tropis. Di tiap negara, kedondong memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti kedondong (Malaysia), hevi (Philipina), gway (Myanmar), ma kok farang (Thailand), mokak (kamboja), kook kvaan (Laos), coco atau pomme cythere (Vietnam), juplon (Kosta Rika), hobo de racimos (Kolombia), jobo de la india atau jobo de indio atau mango jobo (Venezuela), Manzana de oro (Ekuador), dan cajamanga (Brasil)

     Tanaman buah pemilik nama latin Spondias Dulcis ini merupakan salah jenis tanaman unggulan yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman kedondong ini di percaya berasal dari Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.

Khasiat Buah Gedondong:
1.Menyembuhkan luka.
2.Mencegah penyakit jantung.
3.Sebagai obat batuk.
4.Untuk meningkat daya tahan tubuh.
5.Sebagai Anti oksidan.
6.Untuk mengatasi diare.
7.Sebagai obat Anemia.
8.Dapat menyehatkan mata.

Ciri-ciri buah gedondong
     Tanaman ini punya ciri khas pada buahnya yang di luar halus di dalamnya kasar seperti duri, sehingga tanaman ini sering di jadikan sebuah perumpamaan “hati kedondong” artinya di luarnya tidak sama di dalam.

     Buah kedondong secara tradisional telah lama di jadikan obat oleh masyarakat kita. Walaupun aslinya di jumpai kedondong mini yang pendek batangnya dan sudah berbuah, cocok sekali di tanam dalam tabulampot.

Berikut adalah resep untuk membuat manisan kedondong
Bahan :       
•10 buah kedondong ukuran besar
•5 sendok makan garam
•1 sendok makan air kapur sirih
•100 gram gula
•5 gelas air
•1 sendok teh vanili
•1 sendok teh benzoat (jika ingin tahan lama)

Cara Membuat
1.Kupas buah, kemudian potong kecil memanjang, lalu cuci sampai besih.
2.Campurkan air dengan kapur sirih, lalu rendam kedondong selama 1 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan.
3.Cuci kembali kedondong sampai benar-benar bersih dan tiriskan lagi.
4.Rebus air, masukkan gula, garam, dan juga pewarna makanan, aduk sampai gula menjadi larut.
5.Memasukkan kedondong, tunggu sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan.
6.Simpan manisan kedondong di dalam kulkas.
7.Manisan kedondong siap untuk di sajikan.

0 Response to "Sejara dan Manfaat Buah Gedondong"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post