-->

7 Cara Mencegah Tubuh Agar Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Puasa

     Dehidrasi adalah suatu kondisi tubuh kita merasakan kekurangan atau kehilangan cairan, Tentunya kondisi ini sangat tidak nyaman untuk dirasakan bukan. Karena kandungan air yang terdapat pada tubuh manusia 70% nya adalah air, Jika kita kekurangan air dalam tubuh kita maka akibatnya tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan normal.

     Ciri-ciri dehidrasi salah satunya adalah mulut yang kering, Mulut yang kering adalah tanda-tanda tubuh kita mengirimkan sinyal jika dehidrasi. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan cara minum ketika kamu merasakan haus. Yang kedua adalah warna urin yang kuning pekat, Tubuh yang mengalami dehidrasi mengakibatkan kerja ginjal menghemat air dalam tubuh kita, Ini berakibat pada penghentian produksi urine, Tentu hal tersebut menjadikan warna urine kita kuning.

Tips Mencegah Tubuh Dehidrasi Saat Puasa:
1. Hindari banyak makan makanan asin saat sahur
jika kamu baru menjalani beberapa jam puasa sudah merasakan haus? Bisa jadi menu pilihan saat sahur anda kurang tepat, ini alasannya. Makanan yang bergaram dapat membuat kamu haus bahkan hingga kekurangan cairan dalam tubuh. Karena, garam berpengaruh pada pengaturan cairan di tubuh kamu. Terlalu banyak garam yang kita konsumsi saat sahur maka tubuh kita akan merasakan dehidrasi.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Cairan tak hanya kita dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan yang kita konsumsi. Kebutuhan 10%-20% cairan bisa kamu dapatkan dari makanan maupun sayuran. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang tepat dan banyak mengandung cukup air sehingga kamu bisa merasa kenyang dan sekaligus bisa memenuhi cairan tubuh kamu terpenuhi.

3. Minum air sesuai kebutuhan
Jika kamu kekurangan air maka tubuh akan dehidrasi dan kerja tubuh kamu tidak akan sempurna. Kamu diharuskan untuk minum air putih 8 gelas per hari. Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang itu berbeda-beda sama seperti kebutuhan kalori. Kebutuhan ini bergantung pada aktivitas sehari-hari serta kondisi fisik seseorang itu sendiri dari setiap individu.

4. Makan terlalu banyak protein maka perbanyak minum air
Selain makanan bergaram, makanan dengan protein yang tinggi akan dapat membuat kamu sering haus dalam waktu yang cepat dan kehilangan cairan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam pertemuan Experimental Biology, menyatakan bahwa seseorang yang melakukan diet protein tinggi dan menghindari karbohidrat cenderung berisiko akan mengalami dehidrasi lebih mudah.

5. Utamakan minum air putih
Hindari mengonsumsi minuman seperti kopi atau minuman yang memiliki kandungan kadar gula tinggi pas saat sahur. Hal ini hanya akan membuat tubuh kamu merasakan kehausan dalam beberapa jam saja. Sumber cairan yang terbaik untuk kamu konsumsi adalah air putih, Selain mengandung mineral yang cukup dibutuhkan tubuh, air putih tidak akan membuat kamu berisiko mengalami berbagai penyakit seperti dehidrasi.

0 Response to "7 Cara Mencegah Tubuh Agar Tidak Dehidrasi Saat Melakukan Puasa"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post