-->

Apakah Stres Menyebabkan Sembelit Saya?

     Apakah Stres Menyebabkan Sembelit Saya? Jika Anda pernah memiliki kupu-kupu gelisah di perut Anda atau kecemasan yang menyayat usus, Anda sudah tahu bahwa otak dan saluran pencernaan Anda sinkron.

     Hubungan ini diperlukan dan penting untuk fungsi tubuh, seperti pencernaan. Namun, kadang-kadang, hubungan ini dapat menyebabkan gejala yang tidak diinginkan, seperti sakit perut, menyebabkan sembelit, atau diare.

     Pikiran dan emosi yang dipicu oleh stres dapat memiliki efek pada perut dan usus Anda. Kebalikannya juga bisa terjadi. Apa yang terjadi di usus Anda dapat menyebabkan stres dan gangguan jangka panjang.

     Sebagian besar fungsi tubuh Anda dikendalikan oleh sistem saraf otonom, jaringan saraf yang menghubungkan otak dengan organ utama.

     Sistem saraf otonom berisi sistem saraf simpatik, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk keadaan darurat melawan atau melarikan diri dan situasi kecemasan tinggi.

Sistem saraf enterik

     Sistem saraf enterik diisi dengan neuron, dan kadang-kadang disebut sebagai otak kedua. Ini menggunakan zat kimia dan hormon neurotransmiter untuk berkomunikasi bolak-balik dengan otak Anda dan seluruh sistem saraf Anda.

     Sistem saraf enterik adalah tempat sebagian besar serotonin tubuh diproduksi. Serotonin membantu pencernaan dengan menyempitkan otot-otot halus, yang mendukung pergerakan makanan di usus besar Anda.

Apakah Stres Menyebabkan Sembelit Saya?

Jika kejang ini terjadi di seluruh usus besar Anda, Anda mungkin mengalami diare. Jika kejang diisolasi ke satu area usus besar, pencernaan bisa berhenti, dan sembelit dapat terjadi.

Faktor stres
     Ketika Anda makan, neuron yang melapisi saluran pencernaan Anda memberi sinyal usus Anda untuk berkontraksi dan mencerna makanan Anda.

     Saat Anda sedang stres, proses pencernaan ini bisa melambat hingga merangkak. Jika stres yang Anda alami parah atau jangka panjang, gejala seperti sakit perut dan sembelit bisa menjadi kronis.

     Stres juga dapat menyebabkan peradangan terjadi di saluran pencernaan Anda, meningkatkan sembelit dan memperburuk kondisi peradangan yang ada.
Irritable bowel syndrome (IBS)

     Saat ini tidak ada penyebab yang diketahui untuk IBS, tetapi stres psikologis dianggap memainkan peran. Sebuah ulasan studi 2014 Sumber Tepercaya mengutip bukti bahwa stres dapat berkontribusi pada pengembangan, atau memburuknya gejala IBS dengan meningkatkan atau menurunkan aktivitas dalam sistem saraf otonom.

     Stres juga dapat menyebabkan bakteri di saluran pencernaan menjadi tidak seimbang. Kondisi ini disebut dysbiosis , dan mungkin berkontribusi pada konstipasi terkait IBS. Dan itulah penjelasan yang dapat menyebabkan sembelit.

0 Response to "Apakah Stres Menyebabkan Sembelit Saya?"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post