-->

Fungsi dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh

     Fungsi dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh – Antioksidan merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh secara umum dapat menghambat oksidasi lemak. Dalam tubuh manusia terdapat radikal bebas, sebagai sampingan dari proses pembentukan energi. pada jumlah tertentu, vertical bebas dibutuhkan agar dapat membantu sel darah putih atau yang disebut dengan lekosit untuk menghancurkan atau memakan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

     Namun jika kondisi radikal bebas dalam tubuh seseorang terlalu banyak maka radikal bebas akan bersifat merusak tubuh. Meningkatnya radikal bebas berlebih dalam tubuh ini akan berakibat pada penuaan dini, karena dapat merusak senyawa lemak yang dapat menghilangkan elastisitas kekencangan pada kulit sehingga mengakibatkan keriput.

     Selain menjaga penuaan dini, antioksidan juga disinyalir mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara pada wanita. Antioksidan Glikosida, flavonoid dan polifenol juga mampu menangkal dan mencegah penyakit alzheimer( penyakit pikun pada manula) dan kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah)

Manfaat antioksidan bagi tubuh kita:
1. Dapat mencegah penyakit kardiovaskular
Tentu manfaat antioksidan yang pertama ini adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Beberapa jenis antioksidan seperti vitamin c, vitamin e, serta selinium dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko terkena stroke hingga 50%.

2. Dapat menjaga kemampuan kognitif
Bukan tanpa alasan antioksidan juga dapat memperlancar sirkulasi darah otak sehingga sel otak tetap terjaga akan nutrisi. Iring dengan bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan kognitif akan berkurang.

Manfaat Serta Fungsi Antioksidan Bagi Kesehata Tubuh Seseorang

3. Dapat mencegah tumbuhnya sel kanker
Manfaat ketiga ini adalah manfaat yang sangat menguntungkan, karena dapat mencegah tumbuhnya seru kanker. Karena radikal bebas merupakan salah satu dari penyebab berkembangnya sel kanker. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang tinggi akan antioksidan.

4. Meningkatkan imunitas tubuh seseorang
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi antioksidan merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh konsumsi buah dan sayur yang tinggi akan antioksidan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang. Antioksidan juga dibutuhkan setiap hari bagi tubuh kita.

Ada dua cara dalam mendapatkan antioksidan:
1. Dari luar tubuh(oksigen) dengan cara melalui makan dan minuman yang mengandung vitamin c, e, atau betakaroten.

2. Dari dalam tubuh (endogen) yakni enzim superoksida dismutase (sod), glutation peroksidase (GSH Px), perxidasi, dan katalase yang diproduksi oleh tubuh sebagai antioksidan.
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi antioksidan secara berlebihan dari makanan maupun suplemen dapat meningkatkan resiko kerusakan pada hati. Intinya bawa berlebihan antioksidan juga akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh seseorang.

     Nah dari sini, kita tau senyawa senyawa yang gampang teroksidasi khususnya vitamin iyalah vitamin c, i lalu vitamin e, dan dari sisi mineral, yang berguna untuk antioksidan seperti

     Zinkum/Seng (Zn), Selenium (Se) . Dan terakhiri yang dari golongan metabolit sekunder tumbuhan yaitu senyawa terpen yaitu karoten yang ditandai dengan ciri khas sebagai pigmen berwarna orange. Dan yang bisa dikenal adalah jenis peta karoten.

0 Response to "Fungsi dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post