-->

Pengertian Antioksidan dan Jenis Makanan Sumber Antioksidan

     Pengertian Antioksidan dan Jenis Makanan Sumber Antioksidan - Antioksidan adalah merupakan senyawa yang dapat menunda, atau memperlambat reaksi oksidasi pada makanan maupun obat gimana senyawa senyawa tersebut muda ter oksidasi sehingga sel-sel lain terhindar dari radikal bebas.

     Antioksidan adalah substansi yang dapat menetralkan radikal bebas karena senyawa senyawa tersebut mengorbankan dirinya agar ter oksidasi sehingga sel-sel yang lainnya dapat terhindar dari radikal bebas ataupun melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika hal itu berkenaan dengan penyakit dimana radikal bebas itu sendiri dapat berasal dari hasil metabolisme tubuh atau faktor eksternal lainnya.

Mekanisme antioksidan dalam menghambat oksidasi:
Antioksidan menghambat atau memperlambat reaksi oksidasi melalui dua cara yaitu:

     Pertama melalui penangkapan radikal bebas( free radical scavenging). Antioksidan jenis ini disebut sebagai antioksidan primer. Termasuk dalam jenis ini adalah vitamin E dan flavonoid.

     Yang kedua tanpa melibatkan penangkapan radikal bebas. Antioksidan ini dapat disebut juga dengan antioksidan sekunder yang mekanisme pengikatan nya melalui pengikatan logam, menangkap oksigen dan mengubahnya menjadi hidroperoksida menjadi spesies non radikal, menyerap sinar ultraviolet dan mendeaktivasi oksigen singlet.

Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan dan Pengertian Antioksidan

Berikut merupakan jenis makanan sumber antioksidan yang baik untuk dikonsumsi:
1. Buah-buahan
Buah-buahan merupakan salah satu sumber antioksidan yang paling aman dan paling baik untuk dikonsumsi foto buah-buahan yang kaya akan antioksidan adalah buah leci, buah jeruk, buah anggur, dua berry, buah apel dan buah nanas.

2. Sayur-sayuran
Sayuran merupakan antioksidan yang alami yang baik untuk kita konsumsi karena mengandung antioksidan, untuk cara mengolahnya sebaiknya sayuran tidak terlalu masak atau terlalu matang contoh sayuran yang mengandung antioksidan antara lain bayan, paprika, brokoli, dan kubis.

3. Jenis kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik. Contoh kacang-kacangan yang mengandung antioksidan tinggi seperti kacang brazil, kacang almond, kacang kenari. Untuk cara mengolahnya sebaiknya tidak menggoreng nya dengan minyak. Dikukus lebih baik ataupun di sangrai.

4. Makanan dan minuman
Adapun jenis makanan dan minuman yang mengandung antioksidan tinggi selain buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Minuman yang tinggi akan  antioksidan adalah teh dan kopi. Sedangkan makanan yang tinggi antioksidan ya itu seperti telur, ikan , dan gandum.

0 Response to "Pengertian Antioksidan dan Jenis Makanan Sumber Antioksidan"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post