Tips Mengelolah Jus Agar Lebih Bermanfaat

          Tips Mengelolah Jus Agar Lebih Bermanfaat - Jangan langsung mengelolah buah-buahan yang disimpan di lemari pendingin. Sering kali cara kita mengelolah jus buah justru membuat kandungan nutrisinya jauh berkurang. Misalnya, Dengan menambahkan banyak terlalu gula ataupun es batu, Untuk itu sebaliknya ketahui dulu cara mengelolah jus yang benar.

Berikut minuman sari buah pada dasarnya dibedakan atas tiga macam:
1.Jus
Jus adalah sari buah yang diperoleh dengan cara diperas dengan tangan(jus jeruk) atau dengan bantuan mesin pemeras seperti blender dan juice extractor, Seperti jus nanas, jus apel, dll. Jus juga dapat di buat dari bahan-bahan seperti sayur-sayuran yang di blender dan di ambil sarinya, Seperti jus tomat dan jus wortel.

2.Lassi
Lassi adalah minuman yang bahannya dari jus yang telah dicampur dengan yoghurt.

3.Smoothie
Smoothie adalah jus atau lassi yang dicampur bahan tertentu sehingga memiliki tekstur lembut dan dapat disendoki. Campuran yang biasa digunakan antara lain pisang, alpukat, ataupun kelapa muda.

Berikut adalah tips cara mengeloh jus supaya nutrisinya tetap terjaga.!

-Untuk mendapatkan jus yang sehat dan bermanfaat, simpan buah dalam kulkas hingga dingin, Lalu keluarkan buah tersebut dan diamkan sekitar 15-30 menit sebelum diproses menjadi jus agar buah sejuk dan tidak terlalu dingin.
-Bila jus disajikan dengan suhu lemari es atau ditambahkan es batu, Membuat nutrisi dari jus tersebut akan sulit diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Penyerapn nutrisi paling optimal terjadi bila makanan bersuhu setara suhu badan kita.
-Jus yang kaya akan antioksidan aktif dan berkasiat sebagai antiaging terdapat dalam kelompok buah/sayur yang mengandung karoten (betakaroten, likopen, lutein), vitamin C, dan asam sitrat. Karoten dan vitamin C dapat meningkatkan peremajaan sel.
-Kandungan karoten banyak terdapat pada wortel dan buah lokal yang kini semakin langka, yaitu kasemek (Buah ini memiliki warna kuning jika matang dan bentuknya seperti apel).
-Rasa masam pada buah yang matang menjaga vitamin C tidak mudah rusak. Namun bukan berarti buah yang manis tidak mengandung vitamin C. Pepaya dan jambu biji merah adalah buah manis yang mengandung serat vitamin C.
-Asam Sitrat kandungan ini terdapat pad air jeruk lemon/nipis yang mempunyai sifat tonik bagi liver, Sehingga dapat meningkatkan fungsi liver dalam membuang zat racun/radikal bebas dalam tubuh. Buah matang lainnya yang kaya akan asam sitrt adalah sirsak dan jeruk manis/keprok.
-Lemak sehat omega 3 juga salah satu antioksidan yang kuat. yang terdapat pada buah alpukad, kacang-kacangan dan minyak zaitun.
-Untuk kesehatan dan antiaging sebaiknya jangan membuat jus dari campuran buah yang manis dan sedikit mengandung air, COntohnya: durian, nangka dan cimpedak.
-Agar kulit cantik dan awet muda, Selain konsumsi jus anda diharuskan relaks dan jau dari stres. Nutrisi penangkal stres adalah kalium, Kalium bisa kita dapatkan dari semua jenis buah, Vitamin B seperti kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah dan polong-polongan), dan zat relaksan (Coklat bubuk).

0 Response to "Tips Mengelolah Jus Agar Lebih Bermanfaat"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post