-->

Apa Sebenarnya Virus Corona dan Seberapa Bahayanya

     Apa Sebenarnya Virus Corona dan Seberapa Bahayanya - Pada akhir 2019 kemarin, komunitas dunia merasa terganggu dengan kemunculan wabah virus korona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Virus korona menyebabkan penutupan kota Wuhan dan karena penularannya yang cepat, virus telah menyebar ke beberapa kota di provinsi ini dan bahkan ke negara-negara lain.

     Akibatnya, ribuan orang yang telah terinfeksi harus dikarantina dan epidemi ini bahkan telah telah dikabarkan virus tersebut banyak merenggut nyawa hingga saat ini.

     Nah, apa sebenarnya virus corona ini? Mengapa Dunia seketika langsung di gemparkan dengan hadirnya penyakit yang di nilai sangat berbahaya ini?

Virus korona

     Penyebab utama wabah ini adalah coronavirus yang merupakan kelompok besar virus yang menyerang sistem pernapasan. Coronavirus umumnya dapat ditemukan pada hewan dan manusia.

     Nama corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota atau mahkota karena mahkota yang menyerupai virus ini. Coronavirus biasanya hanya menyebabkan gangguan pernapasan ringan hingga sedang, mirip seperti penyakit flu.

     Namun, virus ini dapat menyebabkan infeksi pernafasan yang parah, misalnya MERS (Middle-East Respiratory Syndrome), SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), dan pneumonia. Wabah MERS sendiri sudah terjadi di Arab Saudi pada 2012 sementara SARS pecah di Guangdong, Cina pada 2002-2003 lalu.

     Sementara itu, wabah yang terjadi di kota Wuhan adalah jenis baru virus korona yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan. WHO awalnya menyebut jenis virus baru ini sebagai 2019 Novel Corona Virus (2019-nCov). Pada 12 Februari 2020, virus korona ini akan disebut COVID-19.

     Meskipun coronavirus dapat ditemukan pada hewan dan manusia, ini berbeda dari coronavirus baru yang belum pernah terdeteksi pada manusia. Kata "novel" yang berarti baru menunjukkan bahwa virus korona ini belum pernah terdeteksi hingga wabah di Wuhan.

     Gangguan yang disebabkan oleh virus korona dapat dikatakan masuk dalam kategori parah karena dapat menyebabkan pneumonia akut dan bahkan kematian. Berdasarkan informasi terbaru, ada ribuan orang yang telah terinfeksi dan sekitar 1.000 orang telah meninggal karena infeksi virus korona ini.

0 Response to "Apa Sebenarnya Virus Corona dan Seberapa Bahayanya"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post