Kiat untuk Menjaga Kesehatan Selama Kabut Asap

     Kiat untuk Menjaga Kesehatan Selama Kabut Asap – Kabut Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini mepengaruhi sejumlah daerah di Indonesia, khususnya Sumatera, Riau, dan Kalimantan tidak hanya mengganggu kegiatan tetapi juga kesehatan warga yang terkena dampak bencana ini. Berbagai ancaman penyakit menghantui para korban kabut asap mulai dari ISPA, PPOK, dan jantung. Lantas, bagaimana cara menjaga tips kesehatan saat kabut asap?

Berikut ini adalah cara atau kiat kesehatan saat kabut sangat penting untuk Anda ketahui.

Tidak aktif di luar ruangan
      Tips menjaga kesehatan selama kabut pertama yang harus dilakukan adalah, hindari kegiatan di luar ruangan sebentar sampai kabut asap benar-benarhilang.

      Inilah sebabnya mengapa ketika kabut asap melanda, pemerintah daerah biasanya menghimbau warganya untuk tidak meninggalkan rumah. Bahkan jika kabut sudah sangat tebal, semua kegiatan kantor, perdagangan, dan bahkan sekolah ditutup sementara.

Sterilisasi Udara di Kamar
     Cara menjaga kesehatan selama kabut asap berikutnya yaitu dengan memastikan udara di dalam ruangan steril dari paparan asap.

     Selain menutup pintu dan jendela dengan erat, disarankan juga untuk menyalakan AC. Penyejukudara (AC) bekerja dengan menyaring partikel udara. Ini berguna untuk menjaga udara tetaps teril dan segar.

     Jika tidak ada AC yang dipasang di ruangan, segera cari tempat berlindung dalam bentuk pos yang umumnya juga disediakan oleh pemerintah. Pastikan pintu dan jendela tertutup rapat sebelum Anda meninggalkan rumah.

Jangan gunakan masker biasa
     Selama ini, Anda mungkin mengandalkan masker yang dijual bebas untuk melindungi hidung dan mulut dari paparan asap ketika melakukan kegiatan di luar ruangan.

     Faktanya, masker ini tidak benar-benar efektif untuk melindungi Anda dari dampak buruk kabut asap. Ini karena topeng biasa hanya dirancang untuk menghalau partikel debu besar, tidak sekaligus partikel kecil (mikro).

     Sayangnya, kabut asap memiliki banyak partikel kecil. Partikel-partikel ini masih bisamasuk kesaluran pernapasan Anda dan menyerang paru-paru.

     Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan masker N95 atau N100. Topeng ini memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi dari topeng biasa, asalkan topeng harus benar-benar dalam kondisi baik (tidak sobek) saat digunakan. Anda bias mendapatkannya di apotek atau rumahs akit.

      Itulah informasi tentang caraa tau tips untuk menjaga kesehatan selama kabut. Lindungi diri Anda dan keluarga Anda dari dampak buruk kabut asap dengan menerapkan metode-metode di atas secara konsisten. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Kiat untuk Menjaga Kesehatan Selama Kabut Asap"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post