Mengenal Lebih Dekat Apa itu Virus Corona dan Cara Mencegahnya

     Mengenal Lebih Dekat Apa itu Virus Corona dan Cara Mencegahnya - Pada awal tahun 2020, dunia ngeri dengan pecahnya coronavirus novel 2019 (2019-nCoV), atau juga dikenal sebagai virus corona. Fakta tentang virus korona diperkirakan berasal dari hewan liar yang dijual di pasar makanan laut di kota Wuhan, Cina. Sejak kasus pertama dilaporkan pada 31 Desember 2019 hingga 27 Januari 2020, BBC mencatat bahwa coronavirus atau virus corona telah merenggut 81 nyawa dan lebih dari 2.500 terinfeksi di Cina.

Jumlah ini semakin bertambah seiring dengan penemuan kasus di lebih dari 10 negara. Berikut fakta tentang virus korona dan cara mencegahnya.

China sendiri menyatakan situasi darurat akibat wabah virus korona. Pemerintah setempat telah mengisolasi daerah Wuhan dan Beijing. Selain itu, pemerintah Cina juga telah membatalkan perayaan Tahun Baru Cina untuk mencegah penyebaran wabah virus korona. Meskipun kasus ini belum ditemukan di Indonesia, kami tetap harus waspada. Sebab, virus ini cukup menular.

Namun, waspada bukan berarti Anda harus panik. Laporan BBC mengatakan 51 orang di China telah pulih dari virus korona dan dipulangkan dari rumah sakit. Jadi, agar Anda tetap tenang dan waspada terhadap wabah penyakit ini, mari kenali fakta tentang virus korona, dari gejala dan cara mencegah virus korona.

Apa itu Virus Corona?

Virus corona termasuk dalam keluarga coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada mamalia dan burung. Virus corona dapat bersirkulasi di antara kelelawar. Jika kotoran kelelawar jatuh ke buah, maka buah dimakan oleh musang, maka musang juga membawa virus korona. Namun, beberapa jurnal kesehatan menyatakan yang dikutip oleh Business Insider mengatakan, virus korona juga dapat ditemukan di ular kobra.

Fakta tentang virus korona yang perlu Anda ketahui, virus ini disebut corona karena bentuknya yang menyerupai mahkota. Jika virus ini masuk ke tubuh manusia, maka ia menyerang sistem pernapasan.

Perhimpunan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, virus korona memiliki masa inkubasi dua hari hingga dua minggu. Itu sebabnya, jika ada seseorang yang diduga terinfeksi virus korona, pasien harus segera diamati dan dikarantina. Karena jenis virus ini belum pernah ditemukan di antara manusia sebelumnya, tidak ada vaksin untuk virus ini.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Apa itu Virus Corona dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post