Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini

     Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini - Kita sering mendengar tentang "Golden Age" atau periode keemasan. Periode emas dikenal sebagai 1000 hari pertama kehidupan, yang merupakan periode dari anak di dalam kandungan sampai seorang anak berusia dua tahun. Dalam fase ini disebut masa emas karena pada masa ini pertumbuhan otak dan organ-organ lain terjadi.

Namun, apakah kita sebagai orang tua dapat memastikan status gizi anak ketika memasuki masake emasan?
     Pertumbuhan dan perkembangan pada anak adalah perubahan yang terjadi dengan meningkatkan struktur dan fungsi tubuh dengan aspek motorik kasar, motorik halus, bicara, bahasa dan sosialisasi, dan kemandirian.

     Fase Pertumbuhan Anak Usia Dini tentu merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua dan masyarakat. Anak usia dini termasuk janin dalam kandungan hingga usia 6 tahun. Klasifikasi anak usia dini dari awal: janin dalam kandungan hingga kelahiran, bayi berusia 0-28 hari, anakusia 1-24 bulan, anakusia 2-6 tahun.

     Pentingnya memperhatikan status gizi pada anak usia dini berguna untuk memaksimalkan fase pertumbuhan anak usia dini. Seseorang menilai status gizi untuk anak usia dini dapat dinilai dengan Antropometri. Pengukuran antropometrik adalah pengukuran berbagai dimensi dan komposisi tubuh dari berbagai tingkatan usia, seperti panjang tubuh bayi, lingkar kepala, tinggi, berat, lingkar dada, lingkar lengan atas.

     Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak, antara lain, menyebabkan perubahan, berkorelasi dengan pertumbuhan, memiliki tahapan berurutan dan memiliki pola tetap yang meliputi perkembangan fisik, intelektual, linguistik, sosial-emosional. Perkembangan ini berlangsung cepat dan sangat berpengaruh pada tahap perkembangan anak selanjutnya.

     Tidak semua anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usia mereka dan banyak kendala dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang disebabkan oleh beberapa faktor.

     Dijelaskan oleh pembicara ahli di bidang anak-anak da nremaja, Budi M Taftazani bahwa proses pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh kognitif dan kesehatan anak. Salah satunya adalah tentang gizi seimbang dengan perkembangan kognitif anak karena nutrisi yang baik akan membantu perkembangan psikologis dan kognitif anak. Dengan demikian, kesehatan anak-anak tergantung pada asupan gizi yang mereka dapatkan selama proses perkembangan dari usia 1-6 tahun.

     Orang tua sangat berperan dalam membantu asupan makanan untu kanak-anak.Pola makan yang baik dan teratur perlu diperkenalkan sejakdini, antara lain dengan pengenalan waktu makan dan variasi makanan yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Nutrisi ini diperlukan untuk anak-anak sebagai energi, pembangun, dan zat pengatur.

     Seiring bertambahny ausia, itu juga mengubah asupan nutrisi yang dibutuhkan sebagai anak yang sedang tumbuh perlu memenuhi kebutuhan gizi sesuai dengan usianya.

0 Response to "Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Atas Artikel

1 Tengah Artikel

Tengah Artikel

Bawah Post